Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Kolera Tewaskan 10 Orang di Afrika Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 22 Mei 2023, 10:37 WIB
Wabah Kolera Tewaskan 10 Orang di Afrika Selatan
Representative Images/Net
rmol news logo Untuk kedua kalinya dalam tahun ini wabah kolera kembali menyerang Afrika Selatan. Kali ini 10 orang dilaporkan meninggal dunia, pada Minggu (21/5), di  Hammanskraal, Gauteng, Afrika Selatan.

“Seorang anak berusia tiga tahun termasuk di antara 10 orang yang meninggal akibat penyakit tersebut,” kata Dinas Kesehatan Provinsi Gauteng saat melaporkan kematian.

Menurut pernyataan dari departemen itu, sejak Senin lalu, sekitar 97 orang telah dirawat di Rumah Sakit Distrik Jubilee dengan gejala kolera seperti diare, kram perut, dan muntah.

Seperti dimuat Anadolu Agency, Senin (22/5), 37 orang dikabarkan masih dalam perawatan intensif di rumah sakit itu dengan gejala kolera.

Kolera merupakan infeksi diare akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, yang biasanya menjangkit orang-orang yang berada di lingkungan dengan sanitasi yang tidak memadai dan akses yang tidak memadai terhadap air minum yang bersih dan aman.

Menanggapi wabah yang kembali menyerang negaranya di tahun ini, anggota Dewan Eksekutif untuk Kesehatan dan Kesejahteraan di provinsi Gauteng, Nomantu Nkomo-Ralehoko, mengimbau warganya untuk mengambil tindakan ekstra dan menjaga kebersihan serta tidak meminum air yang tidak aman.

Pada Februari lalu sebelumnya otoritas kesehatan mengkonfirmasi dua kasus positif kolera pertama yang diimpor dari negara tetangga Malawi, setelah lebih dari sepuluh tahun wabah itu tidak terlihat di Afrika Selatan.

Afrika Selatan terakhir melaporkan wabah kolera terburuknya dengan sekitar 12.000 kasus tercatat di negara itu pada lebih dari satu dekade lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA