Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keikutsertaan Perwira Perempuan TNI AL Satgas Maritim Diapresiasi UNIFIL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 23 Mei 2023, 08:42 WIB
Keikutsertaan Perwira Perempuan TNI AL Satgas Maritim Diapresiasi UNIFIL
Tim Gender dari Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) saat memberikan workshop yang membahas isu gender yang digelar di KRI Frans Kaisiepo – 368 di pelabuhan Beirut, Lebanon/lst
rmol news logo Keikutsertaan militer wanita Indonesia dalam misi perdamaian dunia Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) mendapat apresiasi tinggi dari Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL).

Dalam misi perdamaian dunia itu, TNI Angkatan Laut memberikan kesempatan lebih luas kepada militer wanita dengan mengerahkan dua Perwira dan enam Bintara Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang menjadi sorotan Head of Gender Affair Officer UNIFIL, Rana Rahal.

Dalam workshop yang membahas isu gender yang digelar di kapal Indonesia, KRI Frans Kaisiepo – 368, di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rana mengatakan dia sangat terkesan dengan keterlibatan prajurit Wanita Angkatan Laut Indonesia.

“Selaku pimpinan delegasi, saya sangat terkesan dengan aktivitas Kowal dan SOP yang diterapkan (Indonesia), dalam penanganan pengungsi sebagai Best Practice yang baru pertama saya jumpai setelah 20 tahun berdinas di UNIFIL," kata Rana, dalam keterangan pers yang diterima redaksi.

"Gender integration dan penanganan pengungsi ini akan menjadi rekomendasi saya kepada Head of Mission atau Force Commander untuk menerbitkan regulasi dan SOP dengan mengadopsi apa yang telah dilaksanakan oleh TNI AL Indonesia," tambahnya.

Selain mengawaki peralatan canggih di kapal kombatan serta terlibat dalam kegiatan operasi dan latihan berdasarkan Mandat PBB, prajurit Wanita Angkatan Laut Indonesia juga menjadi bagian dari diplomasi militer, duta kebudayaan dan pariwisata yang baik.

Sejalan dengan itu Komandan Satgas MTF Letkol Laut (P), John David Nalasakti Sondakh, menyampaikan bahwa apresiasi dari tim Gender Advisory Unit UNIFIL merupakan bukti komitmen Indonesia dalam mencapai tujuan UNIFIL, termasuk yang terkait dengan isu gender berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB (UNSCR) 1325 tentang Perdamaian dan Keamanan Perempuan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima pada Senin (22/5), Srikandi Laut TNI AL yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N sejauh ini telah berkontribusi dalam penyelamatan 232 pengungsi yang kapalnya tenggelam di Laut Mediterania akhir tahun lalu.

Faktor itulah yang juga mendasari Head of Gender Affair Officer UNIFIL beserta tim untuk berkunjung dan memutuskan untuk menyelenggarakan workshop terkait gender di KRI Frans Kaisiepo-368. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA