Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Medvedev: AUKUS dan Quad adalah Aliansi yang Tidak Bersahabat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Mei 2023, 09:36 WIB
Medvedev: AUKUS dan Quad adalah Aliansi yang Tidak Bersahabat
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev/Net
rmol news logo Tidak semua aliansi bekerja untuk mendorong perdamaian dan kepentingan semua orang. Beberapa bahkan hadir untuk memecah belah dan menciptakan permusuhan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan hal itu, dan bahwa Rusia menyoroti kehadiran beberapa aliansi seperti AUKUS dan Quad sebagai aliansi yang tidak bersahabat, terlebih ada keterlibatan NATO yang 'mengaduk-aduk'.

“Beberapa aliansi yang dibentuk hampir tidak bersahabat dengan negara-negara di kawasan. Beginilah cara kami melihat  AUKUS dan Quad, dan beberapa aliansi lainnya. NATO telah berusaha mendapatkan pijakan di sini," kata Medvedev, seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (23/5).

Rusia sendiri terlibat dalam beberapa aliansi yang sejauh ini bersikap netral terhadap Moskow dan mengusung perdamaian. Beberapa aliansi di kawasan Asia-Pasifik bersifat netral, menurut Medvedev.

“Sangat jelas bahwa beberapa aliansi memiliki hubungan yang netral terhadap Rusia. Rusia juga berpartisipasi  dalam aliansi tertentu, misalnya ASEAN, sebagai peserta yang diundang,” kata Medvedev, merujuk pada format ASEAN+.

Baru-baru ini, Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) yang salah satu anggotanya adalah Rusia,  memiliki kedekatan dengan ASEAN. Keduanya memiliki kepentingam geopolitik yang sangat dekat.

Bagi Rusia, ada prospek kerja sama yang luas dengan ASEAN di bidang perdagangan, investasi, transportasi, ketahanan pangan, industri, teknologi tinggi, usaha kecil dan menengah, serta keamanan kawasan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA