Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Isu Global, Jokowi dan Raisi Sepakat Dukung Palestina dan Tangani Krisis Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 24 Mei 2023, 12:24 WIB
Bahas Isu Global, Jokowi dan Raisi Sepakat Dukung Palestina dan Tangani Krisis Afghanistan
Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden Jokowi saat melakukan konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 23 Mei 2023/Ist
rmol news logo Berbagai topik penting dibahas dalam pertemuan bilateral antara Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (23/5).

Selain membicarakan situasi geopolitik dunia, Jokowi dan Raisi kembali memperdalam komitmen Indonesia dan Iran sebagai negara yang mayoritas penduduknya Muslim, dalam mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

"Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestin," kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Raisi, selepas pertemuan.

Selain itu, krisis kemanusiaan di Afghanistan juga menjadi sorotan dalam perbincangan dua kepala negara.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan Iran telah sepakat untuk berkontribusi dalam upaya menangani krisis kemanusiaan di Pakistan, terutama akses pendidikan bagi kaum perempuan.

"(Kami) akan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan,” ujarnya.

Kedatangan Presiden Iran di Indonesia mendapat sambutan hangat dari Presiden Jokowi dan jajarannya.

Ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Raisi sejak resmi dilantik sebagai presiden Iran pada 3 Agustus 2021 lalu.

Selama di Indonesia, Raisi dijadwalkan bertemu dengan pejabat pemerintah lain, termasuk Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA