Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekuador Gelar Pemilu Tanggal 20 Agustus 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 25 Mei 2023, 18:07 WIB
Ekuador Gelar Pemilu Tanggal 20 Agustus 2023
Ilustrasi bendera Ekuador/Net
rmol news logo Pesta demokrasi akan digelar di Ekuador pada tanggal 20 Agustus mendatang. Pengumuman ini disampaikan secara resmi oleh Dewan Pemilihan Nasional Ekuador (CNE) pada Rabu (24/5) waktu setempat.

"Pemungutan suara akan dilakukan pada Minggu, 20 Agustus dan jika diperlukan, pemilihan presiden akan diadakan pada Minggu, 15 Oktober," bunyi pengumuman CNE seperti diberitakan La Prensa Latina.

Penetapan tanggal itu diumumkan oleh CNE, setelah Presiden Ekuador, Guillermo Lasso membubarkan parlemen yang sedang menggelar pemakzulan dirinya.

Dalam pemilu tersebut akan dipilih presiden dan wakil presiden, serta 137 anggota Majelis Nasional (Parlemen). Mereka akan menjabat hingga 2025, untuk kemudian digelar pemilihan kembali.

Berdasarkan laporan yang dimuat Rio Times, beberapa nama diperkirakan akan mencalonkan diri. Seperti, Yaku Pérez, yang merupakan lawan Lasso dalam pemilu 2021.

Kemudian, ada  Wakil Presiden Ekuador (2018-2020) Otto Sonnenholzner; Dewan Majelis yang baru keluar, Fernando Villavicencio; dan pemimpin seumur hidup Partai Sosial Kristen (PSC), Jaime Nebot. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA