Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hari Afrika, Turki Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Negara-negara Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 26 Mei 2023, 03:54 WIB
Peringati Hari Afrika, Turki Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Negara-negara Afrika
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Afrika ke-60, yang jatuh pada Kamis (25/5), Turki berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan solidaritasnya dalam semua aspek dengan benua tersebut.

"Kami dengan sepenuh hati mengucapkan selamat kepada semua saudara dan saudari Afrika pada kesempatan Hari Afrika 25 Mei. (Perayaan ini) mewakili cita-cita rakyat Afrika untuk Benua yang terintegrasi, damai, dan makmur," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam pernyataannya.

Seperti dimuat Anadolu Agency, Kementerian itu menyatakan bahwa negaranya akan terus menudukung penuh upaya Afrika menuju perdamaian, stabilitas, dan pembangunan untuk meningkatkan kehadiran mereka di forum internasional.

"Pendekatan antara Ankara ke negara-negara Afrika sepenuhnya telah sesuai dengan prinsip-prinsip pendirian Uni Afrika yang didasarkan pada kemitraan holistik, inklusif dan setara atas dasar saling menghormati dan strategi yang saling menguntungkan," tulis keterangan kementerian itu lagi.

Sejauh ini, meski hubungan kerjasama antara Ankara dengan negara-negara Afrika dikabarkan telah mengalami banyak peningkatan, sejak diadakannya KTT Kemitraan Turki-Afrika III pada 2021.

Namun, Ankara menginginkan kemitraan yang lebih luas lagi dengan menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kerjasama dan solidaritasnya dengan puluhan negara Afrika yang memiliki hubungan dengan negaranya

"Kami berbagi semangat 1963 dan visi Afrika, dan sangat mementingkan Agenda 2063 serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB 2030," tutur kementerian luar negeri Turki.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA