Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Kunjungan Steinmeier, Presiden Iohannis Minta Jerman Lebih Banyak Berinvestasi di Rumania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 26 Mei 2023, 06:14 WIB
Sambut Kunjungan Steinmeier, Presiden Iohannis Minta Jerman Lebih Banyak Berinvestasi di Rumania
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier disambut oleh Presiden Rumania Klaus Iohannis dalam kunjungan tiga hari di Bucharest/Net
rmol news logo Rumania belakangan ini menjadi lebih sering terlihat dan mendapat banyak perhatian terutama dari Jerman.

Setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz melakukan kunjungan ke Bucharest untuk pembicaraan trilateral dengan Presiden Rumania, langkah yang sama dilakukan oleh Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier yang tiba di Rumania pada Kamis (25/5) untuk kunjungan kenegaraan selama tiga hari.

Selama berada di Rumania, Steinmeier mengadakan pembicaraan politik tingkat tinggi dengan Presiden Klaus Iohannis.

Steinmeier menegaskan kembali hubungan bilateral multifaset serta kerja sama yang baik dan kemitraan yang erat antara Jerman dan Rumania di UE dan NATO, termasuk dukungan bersama mereka untuk Ukraina.

Sebelum kedatangannya, Steinmeier dalam sebuah konferensi pers mengatakan ia berterima kasih kepada Rumania karena menerima ratusan ribu pengungsi dari Ukraina dan mendukung negara itu dalam perjuangan defensifnya melawan perang agresi Rusia.

Rumania, yang di masa lalu sering dipandang sebagai negara yang tidak stabil secara ekonomi, politik, dan 'salah satu negara miskin di Eropa', adalah salah satu pendukung Ukraina terkuat yang membuat hubungannya dengan Jerman semakin erat.

Iohannis menyampaikan suka citanya atas kunjungan Steinmeier. Ia mengungkapkan harapannya untuk bisa bekerja sama antara Rumania dengan Jerman dalam berbagai bidang. Ia juga ingin melihat lebih banyak investasi oleh perusahaan Jerman di negaranya.

Jerman telah lama menjadi mitra dagang pertama Rumania dan investor terbesar kedua bagi Rumania.

"Investasi Jerman, kualitasnya sangat diapresiasi di Rumania," kata Iohannis berharap investasi itu akan meningkat di masa mendatang, juga dengan dukungan dari minoritas Jerman.

Minoritas Jerman di Rumania terdiri dari 22.900 orang, menurut sensus tahun 2021. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA