Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungan PM Modi ke Papua Nugini Cerminkan Peran Penting India di Kepulauan Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 26 Mei 2023, 12:31 WIB
Kunjungan PM Modi ke Papua Nugini Cerminkan Peran Penting India di Kepulauan Pasifik
PM Papua Nugini, James Marap mengucapkan salam saat menyambut kedatangan PM India, Narendra Modi pada Senin, 22 Mei 2023/Net
rmol news logo Kehadiran Perdana Menteri Narendra Modi ke Papua Nugini awal pekan ini, telah menandai titik penting dalam peningkatan keterlibatan India dengan Kepulauan Pasifik.

Mengutip laporan Global Order pada Jumat (26/5), orientasi keterlibatan India tersebut berkaitan erat dengan peran yang ingin negara itu capai di kawasan Indo Pasifik.

India dinilai perlu memperluas jejaknya tidak hanya dalam hal pengaruh tetapi juga dalam hal membangun kemitraan strategis dan budaya jangka panjang dengan negara-negara di Kepulauan Pasifik.

"India dapat dan akan menjadi pendorong pembangunan dan peluang yang kuat dalam hal ini. Hal ini menunjukkan hubungan saling menguntungkan yang dapat berujung dengan keterlibatan ini," bunyi laporan tersebut.

Kunjungan Modi ke Papua Nugini adalah yang pertama dan dilakukan untuk menghadiri KTT India-Pacific Islands Cooperation (FIPIC) yang digelar  awal pekan ini.

Kehadiran Modi disambut baik oleh PM Papua Nugini, James Marape. Saat berpidato, Marape bahkan menaruh harapan yang tinggi pada Modi agar bisa menjadi penyalur suara Kepulauan Pasifik di tingkat global, mengingat saat ini India mengepalai G20. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA