Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Pasien di Meksiko Berisiko Terinfeksi Meningitis Jamur usai Jalani Operasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 26 Mei 2023, 17:33 WIB
Ratusan Pasien di Meksiko Berisiko Terinfeksi Meningitis Jamur usai Jalani Operasi
Ilustrasi virus meningitis jamur/Net
rmol news logo Kasus penyebaran virus meningitis jamur di Meksiko telah terungkap oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dalam laporannya, CDC memperingatkan risiko penularan wabah pada ratusan pasien yang pernah menjalani prosedur operasi dengan anestesi epidural di Matamoros, Meksiko di seberang perbatasan dari Brownsville, Texas.

"Lebih dari 200 pasien Amerika dapat berisiko terkena meningitis jamur setelah operasi," bunyi laporan tersebut, seperti dikutip dari Xinhua pada Jumat (26/5).

Menurut paparan CDC, klinik yang terkait wabah tersebut adalah River Side Surgical Center dan Clinica K-3. Dua klinik ini dilaporkan telah ditutup pada 13 Mei lalu.

CDC mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Meksiko, pejabat lokal dan negara bagian untuk menangani wabah meningitis jamur.

Orang-orang yang berpotensi terpapar tersebut akan disarankan untuk pergi ke pusat kesehatan terdekat, perawatan darurat, atau ruang gawat darurat untuk tes diagnostik meningitis.

Meningitis akibat jamur adalah jenis meningitis yang langka. Jenis meningitis ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh manusia dan kemudian menyebar dari aliran darah ke otak atau sumsum tulang belakang.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih lebih mudah terpapar, termasuk orang dengan kanker atau HIV.

Jamur paling umum yang terkait dengan meningitis jamur adalah Cryptococcus yang terhirup dari kotoran atau tanah yang terkontaminasi kotoran burung Blastomyces. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA