Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Bantah Rencana Kunjungan Presiden Yoon Suk Yeol ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Mei 2023, 07:16 WIB
Korea Selatan Bantah Rencana Kunjungan Presiden Yoon Suk Yeol ke Ukraina
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Kabar bahwa Presiden Yoon Suk Yeol akan berkunjung ke Ukraina pada Juli mendatang dibantah kantor Kepresidenan Korea Selatan pada Jumat (26/5) waktu setempat.

Sebelumnya, media Jepang melaporkan pada Kamis, mengutip beberapa sumber pemerintah, bahwa ada diskusi yang sedang berlangsung terkait rencana kehadiran Yoon di KTT NATO yang akan diadakan di Lithuania pada Juli. Disebutkan bahwa Yoon akan menggunakan kesempatan itu untuk mengunjungi Ukraina, sebelum atau setelah KTT.

Seorang pejabat senior kepresidenan menepis kabar itu. "Tidak ada rencana seperti itu," katanya, seperti dikutip dari Yonhap.

"Hanya jika ada perubahan substansial dalam bantuan kami ke Ukraina, barulah ada memungkinkan untuk melakukan kunjungan dan mengadakan pertemuan puncak," ujarnya.

Pejabat kepresidenan lainnya khawatir, dengan adanya laporan yang tidak akurat seperti itu akan merusak kepercayaan antara kedua negara.

Yoon bertemu untuk pertama kalinya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di sela-sela KTT Kelompok Tujuh di Hiroshima, Jepang, pekan lalu dan menjanjikan bantuan tambahan, termasuk peralatan ranjau dan ambulans.

Sejauh ini Korea Selatan telah mengirimkan berbagai bentuk bantuan tidak mematikan ke Ukraina dan tidak memberikan bantuan senjata. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA