Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Turkiye: Suara Pemilih Luar Negeri untuk Putaran Kedua Tiba di Tanah Air, Siap Dihitung Serentak Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Mei 2023, 07:51 WIB
Pemilu Turkiye: Suara Pemilih Luar Negeri untuk Putaran Kedua Tiba di Tanah Air, Siap Dihitung Serentak Besok
Suara pemilih Turkiye di luar negeri tiba di Ankara/Net
rmol news logo Suara yang sudah diberikan oleh warga Turkiye di luar negeri untuk pemilihan presiden putaran kedua telah tiba ibukota Ankara Jumat pagi (26/5) waktu setempat.

Daily Sabah melaporkan, suara yang diberikan di negara-negara Eropa itu dibawa ke Turkiye dengan tiga pesawat setelah pencoblosan di misi diplomatik berakhir pada 24 Mei 2023.

Semua suara yang diberikan di luar negeri kemudian dikirim ke Dewan Pemilihan Distrik Luar Negeri di ATO Congresium dan akan dihitung serentak pada Minggu (28/5) pukul 17.00 waktu setempat, setelah pemungutan suara di dalam negeri selesai.

Pemungutan suara akan dilanjutkan di gerbang pabean hingga Minggu pukul 17.00 waktu setempat.

Menurut informasi dari Dewan Pemilihan Umum (YSK) Kamis malam, 1.902.417 orang akan menggunakan hak pilihnya di putaran kedua.

Surat suara di luar negeri dibawa ke Turkiye melalui kurir diplomatik dan metode yang ditentukan oleh YSK di bawah langkah-langkah keamanan maksimum agar tetap aman setibanya di ibu kota Ankara.

Sebelumnya, baik Presiden Recep Tayyip Erdogan maupun saingannya Kemal Kilicdaroglu meminta diaspora Turkiye untuk pergi ke TPS dan memilih di putaran kedua.

“Saya meminta Anda untuk menggunakan hak demokrasi Anda dengan mengikuti tanggal pemilihan di negara Anda,” tulis Erdogan di Twitter minggu lalu.

Sementara itu Kilicdaroglu mengatakan warga negara Turkiye yang tinggal di luar negeri memiliki kewajiban untuk memberikan suara pada putaran kedua 28 Mei di negara itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA