Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Aktivis Iklim Belanda Ditangkap, Termasuk Aktris Game of Thrones

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 28 Mei 2023, 08:17 WIB
Ribuan Aktivis Iklim Belanda Ditangkap, Termasuk Aktris Game of Thrones
Tembakan meriam air yang diarahkan kepolisian Belanda kepada ribuan aktivis yang melakukan protes penolakan subsidi bahan bahar fosil di Den Haag pada Sabtu, 27 Mei 2023/Net
rmol news logo Usai menggelar protes perubahan iklim besar-besaran di Den Haag, Belanda, lebih dari 1.500 aktivis dari Extinction Rebellion ditangkap oleh aparat kepolisian setempat pada Sabtu (27/5).

Para aktivis memprotes pemerintah karena kebijakan subsidinya pada bahan bakar fosil. Kendati demikian, jumlah demonstran yang banyak itu dinilai membuat kegaduhan karena memblokir bagian jalan raya di pusat kota.

Kepolisian mengatakan telah membubarkan kerumunan dengan menyemprotkan meriam air memblokir jalan hingga menangkap para demonstran.

"Total 1.579 orang yang ditangkap, 40 di antaranya akan diadili atas tuduhan termasuk vandalisme," jelas laporan itu seperti dimuat Al Arabiya.

Selain itu, Polisi juga menyebut beberapa selebriti Belanda ikut serta dalam protes iklim.

Salah satu di antaranya ialah Carice van Houten, yang terkenal karena perannya sebagai Melisandre dalam serial TV terkenal "Game of Thrones".

Carice dilaporkan ikut tertangkap namun kemudian diizinkan untuk pulang. Tetapi tidak dijelaskan apakah ia termasuk dari puluhan orang yang akan menghadapi tuntutan vandalisme atau bukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA