Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan ASN Jerman Angkat Kaki dari Rusia, Ada Perang Diplomatik?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Mei 2023, 09:26 WIB
Ratusan ASN Jerman Angkat Kaki dari Rusia, Ada Perang Diplomatik?
Goethe Institut di Moskow, Rusia/Net
rmol news logo Ratusan pegawai negeri Jerman yang bekerja di sektor pendidikan dan kebudayaan harus meninggalkan Rusia menyusul permintaan Moskow agar Berlin memangkas staf diplomatiknya.

Sumber pemerintah Jerman mengatakan Rusia telah meminta pihaknya untuk mengurangi kehadiran di lembaga publik seperti organisasi budaya Goethe Institute dan sekolah Jerman di Moskow pada awal Juni ini.

Kabar ini awalnya muncul dalam sebuah laporan di harian Jerman, Sueddeutsche Zeitung yang menyebut telah terjadi deklarasi perang oleh Moskow terhadap Berlin.

"Ini adalah keputusan sepihak, tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat dipahami," kata kementerian luar negeri Jerman dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP pada Sabtu (27/5).

Laporan di harian Jerman menyebut otoritas di Berlin telah mencoba dalam beberapa pekan terakhir untuk membuat kementerian Rusia membatalkan keputusannya, tetapi tidak berhasil.

Akibatnya, pejabat Jerman, staf diplomatik dan konsuler, tetapi terutama mereka yang bekerja di bidang budaya dan pendidikan, akan diminta untuk berkemas dalam beberapa hari mendatang.

Jerman dikenal sebagai mitra ekonomi yang dekat dengan Rusia, namun kemudian menjauh setelah Moskow menginvasi Ukraina.

Pada pertengahan April, Jerman mengusir sejumlah diplomat Rusia untuk mengurangi kehadiran dinas intelijen yang memicu tanggapan balasan dari Moskow yang mengeluarkan sekitar 20 staf kedutaan Jerman.

Masih pada bulan yang sama, kementerian luar negeri Rusia menetapkan batas atas jumlah diplomat Jerman dan perwakilan organisasi publik yang diizinkan untuk tinggal di Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA