Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Kebijakan Luar Negeri India Disorot Banyak Pemimpin Dunia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 28 Mei 2023, 13:22 WIB
Kebijakan Luar Negeri India Disorot Banyak Pemimpin Dunia
Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
Posisi India menjadi lebih strategis di tahun ini karena peran aktifnya di sejumlah pertemuan internasional, seperti G20 dan SCO, G7, Quad dan FIPIC. India dinilai telah muncul sebagai kekuatan utama dalam diplomasi global dan penguatan multilateralisme.

Saat ini negara Asia Selatan itu tengah memimpin beberapa kelompok regional dan global terkemuka, seperti G20 dan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO). Menurut para ahli, dua organisasi internasional itu memiliki kontribusi secara signifikan terhadap stabilitas dan keamanan global.

Delegasi G20 dari Brasil mengapresiasi India atas kemajuan pembangunan yang terjadi di negara itu.

“India memiliki masa depan yang cerah. Sangat menyenangkan melihat semua proyek yang mereka lakukan di sini di Odisha. Jika mereka terus seperti itu, hanya hal-hal baik yang akan datang," ujarnya, seperti dikutip ANI News pada Minggu (28/5).

India, sebagai salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia memiliki keunggulan global yang signifikan.

Partisipasi India dalam serangkaian KTT termasuk Dialog Keamanan Segiempat (QUAD), Pertemuan G7 dan KTT Forum for India–Pacific Islands Cooperation (FIPIC) mencerminkan kebijakan luar negeri yang berpikiran terbuka.

Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani dalam pertemuan G7 awal pekan ini mengaku yakin bahwa India memiliki pulang besar dalam memimpin perubahan ekonomi dan politik global.

"Indo-Pasifik kelompok membutuhkan raksasa ekonomi dan raksasa politik seperti India yang memiliki masa depan kemajuan," ujar Tajani.

Paparan di atas dapat menjadi bukti bahwa India memiliki posisi yang kuat, sangat diperlukan dan tidak dapat diabaikan sedikit pun oleh dunia internasional.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA