Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Dihujani Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia, dari Uzbekistan sampai Libya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 29 Mei 2023, 06:45 WIB
Erdogan Dihujani Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia, dari Uzbekistan sampai Libya
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Ucapan selamat mengalir deras untuk presiden terpilih Recep Tayyip Erdogan yang kembali menjabat untuk ketiga kalinya setelah Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) Turkiye mengumumkan pada Minggu malam (28/5) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan hitungan 99,43 persen suara yang telah dihitung, Ketua YSK Ahmet Yener menyatakan Erdogan berhasil meraih 52,14 mengungguli saingannya Kemal Kilicdaroglu dengan 47,86 persen suara.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev menjadi salah satu pemimpin pertama yang memberi selamat kepada Erdogan. Dia mengatakan hasil putaran kedua menunjukkan bahwa orang-orang Turki yang ramah mendukung kebijakan presiden dan program reformasi.

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh dan Presiden Serbia Aleksandar Vucic juga mengucapkan selamat kepada Erdogan.

Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengirim ucapan selamat lewat cuitan di akun Twitternya.

"Saudaraku Recep Tayyip Erdogan, selamat atas kemenanganmu," tulis pemimpin Qatar.

“Saya berharap hubungan kita yang kuat untuk memajukan pembangunan dan pertumbuhan negara kita," lanjutnya.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban juga mengucapkan selamat, mengatakan kemenangan pemilihan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyampaikan ucapan selamatnya melalui panggilan telepon dan langsung mengundang Erdogan untuk berkunjung ke Baku.

Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif mengatakan kemenangan Erdogan mencerminkan kepercayaan dan keyakinan rakyat Turki dalam kepemimpinannya yang dinamis, sementara Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebutnya tanda kepercayaan yang terus berharga dari rakyat Turki.

Zeljka Cvijanovic, ketua Kepresidenan Bosnia-Herzegovina, juga menyampaikan ucapan selamat untuk Erdogan.

"Saya menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan keyakinan saya bahwa rakyat Turki telah memilih jalan yang mencakup kemakmuran ekonomi, kesejahteraan sosial serta stabilitas regional," katanya dalam sebuah pesan.

Di media sosial, pemimpin Serbia Bosnia Milorad Dodik memuji kemenangan Erdogan sebagai peristiwa bersejarah.

"Para pemilih kembali memilih Anda sebagai pemimpin mereka. Keputusan pemilih ini tidak hanya penting bagi Republik Turkiye, tetapi bagi dunia. Selamat," kata Dodik, presiden entitas Republika Srpska di Bosnia-Herzegovina.

Presiden Kosovo Vjosa Osmani juga menyambut kemenangan Erdogan di media sosial.

"Saat Anda terus memimpin Turkiye menuju kesuksesan baru, saya berharap dapat bekerja sama untuk membangun kerja sama kita yang luar biasa," tulisnya.

Kemudian ia melanjutkan dalam bahasa Turkiye: "Semoga kemitraan antara Kosovo dan Turkiye terus tumbuh lebih kuat."

Ucapan selamat juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan mengatakan bahwa itu adalah bukti rakyat Turki menghargai pekerjaan tanpa pamrih dan kebijakan luar negeri independen Erdogan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Albania Edi Rama dan mantan Presiden Montenegro Milo Djukanovic juga mengucapkan selamat kepada Erdogan.
"Dengan Presiden Erdogan, yang saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali, kami akan terus bergerak maju," cuit Macron.

"Prancis dan Turkiye memiliki tantangan besar untuk dihadapi bersama," lanjutnya.

Di Libya, Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibah mengatakan kemenangan pemilihan Erdogan menunjukkan pembaruan kepercayaan rakyat dalam proyek dan kebijakannya yang sukses.

Di antara para pemimpin lain yang memberi selamat kepada Erdogan adalah Presiden Israel Isaac Herzog, Abdel-Fattah el-Sissi dari Mesir, raja dan putra mahkota Arab Saudi serta Kanselir Jerman Olaf Scholz. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA