Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan Kemenangan Erdogan, Ekspatriat Turki di Eropa Turun ke Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 29 Mei 2023, 09:42 WIB
Rayakan Kemenangan Erdogan, Ekspatriat Turki di Eropa Turun ke Jalan
Para pendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan di Jerman saat melakukan selebrasi pada Minggu, 28 Mei 2023/Net
rmol news logo Dalam rangka merayakan kemenangan Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu putaran kedua, ekspatriat Turki memenuhi kota-kota di seluruh Eropa.

Salah satu rumah bagi diaspora Turki terbesar di dunia, Jerman, ratusan para ekspatriat turun ke jalan pada Minggu malam (28/5) untuk merayakan kembali pemimpin yang akan menjabat untuk yang ketiga kalinya ini.

Berdasarkan pantauan Anadolu Agency pada Senin (29/5), para pendukung dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) merayakan di lingkungan yang sebagian besar berpenduduk Turki, seperti Kruezberg, Cologne dan Frankfurt dengan menyanyikan lagu, mengibarkan bendera dan spanduk.

“Di Kurfurstendamm, salah satu jalan paling terkenal di Berlin, para pendukung Erdogan melakukan konvoi besar dalam mobil, dengan meneriakkan slogan dukungan untuk Erdogan dan membunyikan klakson mobil mereka,” tulis Anadolu dalam laporannya.

Sementara di Inggris, pendukung Erdogan berkumpul di Hyde Park yang terkenal di London, mengibarkan bendera dan bahkan menampilkan tarian tradisional halay, khas negaranya.

Beberapa kota Prancis juga menyaksikan perayaan besar-besaran, termasuk Strasbourg, di mana sekitar 1.500 orang berkumpul di luar Konsulat Turki.

Serta di negara-negara lain seperti Belanda, Swiss, hingga negara-negara Balkan, termasuk Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Montenegro, dan Makedonia Utara yang turut merayakan kembalinya Erdogan sebagai pemimpin Turki.

Terpilihnya kembali Erdogan telah dikonfirmasi oleh ketua Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) Turki pada Minggu malam yang membuat masyarakat menyambut kemenangannya itu.

“Menurut hasil tidak resmi, dengan 99,43 persen surat suara telah dihitung, Erdogan memenangkan pemilihan putaran kedua dengan 52,14 persen, sementara penantang oposisi Kemal Kilicdaroglu mendapatkan suara 47,86 persen,” kata ketua YSK Ahmet Yener kepada wartawan di ibu kota Ankara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA