Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Air Kanal di Bawah Jembatan Rialto Venesia Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Neon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Mei 2023, 10:19 WIB
Air Kanal di Bawah Jembatan Rialto Venesia Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Neon
Penampakan air kanal yang berubah warna menjadi hijau neon di bawah jembatan Rialto, Venesia Italia pada Minggu, 28 Mei 2023/Net
rmol news logo Saluran air kanal di bawah jembatan Rialto Venesia, Italia, secara tiba-tiba berubah warna menjadi hijau neon pada Minggu (28/5).

Gubernur wilayah Veneto, Luca Zaia, memposting foto cairan hijau yang menyebar melalui air di dekat Jembatan Rialto yang melengkung.  

Zaia menjelaskan pihaknya langsung merespon insiden tersebut dengan menggelar rapat darurat untuk mengidentifikasi penyebab perubahan warna.

"Kami mengadakan pertemuan darurat pasukan polisi untuk memahami apa yang terjadi. Kami akan mempelajari kemungkinan tindakan pencegahan," ujarnya, seperti dimuat AFP.

Badan perlindungan lingkungan regional telah menerima sampel air hijau neon itu dan akan mencari tahu zat apa yang digunakan untuk mengubah warna air.

Berbagai teori muncul, termasuk kemungkinan ganggang atau zat yang tersebar secara ilegal di kanal.

Insiden terbaru mirip dengan aksi protes yang terjadi baru-baru ini di Italia. Di mana kelompok lingkungan telah mewarnai monumen dan menggunakan arang nabati untuk mengubah air mancur Trevi Roma menjadi hitam sebagai protes terhadap bahan bakar fosil.

Terlepas dari aksi protes sejenis, hingga kini tidak ada kelompok aktivis iklim dan lingkungan yang muncul ataupun mengaku bertanggung jawab atas perubahan warna air kanal Venesia.

Kendati demikian, ini juga bukan pertama kalinya air kanal Italia berubah menjadi hijau.

Pada tahun 1968, seniman Argentina Nicolas Garcia Uriburu mewarnai perairan hijau Kanal Besar Venesia dengan pewarna neon selama Biennale Venesia ke-34 dalam aksi untuk mempromosikan kesadaran ekologis. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA