Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Sekjen NATO Desak Kosovo Kurangi Ketegangan dengan Serbia

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 29 Mei 2023, 12:26 WIB
Sekjen NATO Desak Kosovo Kurangi Ketegangan dengan Serbia
Sekretaris Jenderal NATO, Jeans Stoltenberg/Net
Bentrokan antara polisi Kosovo dan pengunjuk rasa Serbia telah membuat Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengeluarkan seruannya untuk menghentikan ketegangan di kawasan itu.

Hal tersebut disampaikan Stoltenberg pada Minggu (28/5), dua hari setelah bentrokan yang menimbulkan banyak kerusakan dan melukai beberapa warga.

"Kosovo harus mengurangi eskalasi dan tidak mengambil langkah sepihak yang membuat situasi semakin tidak stabil," kata Stoltenberg.

Ia lebih lanjut mengatakan telah melakukan pembicaraan dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell tentang konflik di Kosovo.

Menurutnya, Pristina dan Beograd harus terlibat dalam dialog yang dipimpin Uni Eropa.

Seperti dimuat VOA News, Senin (29/5), ketegangan antar kedua negara yang sejak lama bermusuhan dipicu oleh boikot pemilihan lokal, di mana sekitar 50.000 warga Serbia yang tinggal di empat kotamadya Kosovo utara, termasuk Zvecan, menolak pemungutan suara pada 23 April, yang dimenangkan etnis Albania, dengan jumlah pemilih hanya 3,5 persen.

Orang Serbia mengatakan mereka tidak akan bekerja dengan walikota baru yang dianggap tidak mewakili mereka, dengan melakukan aksi unjuk rasa yang berujung bentrok.

Para pengunjuk rasa melemparkan batu, dan dibalas oleh aparat keamanan Kosovo dengan tembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan para demonstran, hingga menyebabkan lima petugas terluka, dan 10 warga sipil mengalami luka-luka.
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA