Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Ajukan RUU, Jatuhkan Sanksi untuk Iran Hingga Setengah Abad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Mei 2023, 12:58 WIB
Zelensky Ajukan RUU, Jatuhkan Sanksi untuk Iran Hingga Setengah Abad
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Kecaman Ukraina terhadap Iran berlanjut dengan pembuatan rancangan undang-undang yang ditujukan untuk memberi sanksi kepada Teheran selama 50 tahun ke depan.

Kepala Kantor Presiden Ukraina, Andriy Yermak, menggungkap RUU itu telah diajukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Parlemen Ukraina.

"Jika disahkan oleh parlemen Ukraina, RUU itu akan menghentikan barang-barang Iran yang transit melalui Ukraina," kata Yermak, seperti dikutip dari The Jerusalem Post pada Senin (29/5).

Selain itu, jelas Yermak, sanksi Ukraina juga akan merembet pada larangan penggunaan wilayah udara, perdagangan, keuangan, teknologi bahkan pada warga Iran.

Ukraina dan sekutu menuduh Iran menjadi kaki tangan Rusia dengan mengirimkan drone kamikaze Shahed ke Moskow sejak invasi dimulai tahun lalu.

Tuduhan itu jelas dibantah dengan tegas oleh Iran dan menuduh balik Ukraina yang sengaja menggemakan propaganda anti-Iran untuk memperoleh atensi dari Barat.

Pada Minggu (28/5), Ukraina menuduh Rusia melakukan serangan drone terbesar dalam semalam. Ada 54 drone yang teridentifikasi buatan Iran, 52 di antaranya berhasil ditembak jatuh. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA