Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hina Rusia, Senator AS Lindsey Graham Ditetapkan jadi Buronan Moskow

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Mei 2023, 18:20 WIB
Hina Rusia, Senator AS Lindsey Graham Ditetapkan jadi Buronan Moskow
Senator AS Lindsey Graham/Net
rmol news logo Pernyataan Senator AS Lindsey Graham saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada pekan lalu, ternyata membuat Rusia naik pitam.

Tidak terima disebut tengah sekarat, Rusia melalui Kementerian Dalam Negerinya memutuskan untuk memasukkan Graham ke dalam daftar buronan dan akan ditangkap jika ada di wilayah Moskow atau sekutunya.

Mengutip Arab News pada Senin (29/5), komentar buruk Graham soal Rusia diketahui setelah Kantor Presiden Ukraina merilis video pertemuannya dengan Zelensky.

Dalam video itu, Graham dengan jelas mengatakan "Rusia sedang sekarat" dan kemudian mengatakan dukungan AS adalah "uang terbaik yang pernah kami habiskan."

Rusia mengecam keras pernyataan tersebut dan mengatakan pihaknya langsung membuka penyelidikan kriminal atas komentar Graham.

Graham membantah kecaman Rusia dan mengatakan dia hanya memuji semangat Ukraina dalam melawan invasi Rusia dengan bantuan yang diberikan oleh AS.

Ukraina juga merilis video lengkap dari pertemuan tersebut yang menunjukkan bahwa kedua pernyataan tersebut tidak terkait, karena videonya sudah diedit dan disesuaikan.

Kendati demikian, Graham memang telah dikenal sebagai pendukung vokal untuk peningkatan bantuan militer ke Ukraina.

Biasanya Rusia hanya menjatuhkan sanksi berupa pelarangan berkunjung ke Moskow. Tetapi baru kali ini selama perang, Kremlin meminta penangkapan pejabat senior Amerika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA