Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kirim Astronot Sipil Pertama ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 29 Mei 2023, 18:33 WIB
China Kirim Astronot Sipil Pertama ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong
Astronot Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao yang akan dikirim ke Stasiun Ruang Angkasa Tiangong pada Selasa, 30 Mei 2023/Net
rmol news logo China akan kirim astronot sipil pertamanya dalam misi berawak ke stasiun ruang angkasa Tiangong pada Selasa (30/5).

"Seorang ahli muatan sekaligus profesor di Universitas Aeronautika dan Astronautika Beijing bernama Gui Haichao, akan lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada Selasa pukul 09:31 pagi waktu setempat," kata Badan Antariksa Berawak China.

Menurut badan itu, yang dimuat Al Jazeera pada Senin (29/5), Gui sebagai seorang ahli akan bertanggung jawab, terutama atas operasi muatan eksperimental ilmu antariksa di orbit.

Dalam perjalanannya, Gui akan ditemani oleh Jing Haipeng, komandan yang telah empat kali melakukan perjalanan ke ruang angkasa, serta insinyur Zhu Yangzhu.

Langkah tersebut dilakukan China di tengah upaya eksperimen ilmiah yang sedang digencarkan untuk membantu menguji teknologi baru, dengan menggilir para astronot sipil ke stasiun ruang angkasa Tiangong.

Stasiun ruang angkasa Tiangong sendiri diperkirakan akan tetap berada di orbit rendah Bumi antara 400 dan 450 kilometer di atas planet selama setidaknya 10 tahun ke depan. Ini untuk mewujudkan ambisi mempertahankan kehadiran jangka panjang manusia di ruang angkasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA