Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Aksesi ASEAN, Kemendag Buka Program Magang untuk ASN Timor Leste

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 31 Mei 2023, 18:50 WIB
Dukung Aksesi ASEAN, Kemendag Buka Program Magang untuk ASN Timor Leste
Bendera ASEAN/Net
rmol news logo Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia terus membantu dan memberi dukungan atas upaya aksesi Timor Leste. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dengan menggelar program magang bagi ASN Timor Leste.

Program ini berlangsung dari 29 Mei hingga 7 Juli 2023. Program ini resmi dibuka di kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Perdagangan, Depok, Jawa Barat pada Senin (29/5).

Program ini merupakan inisiatif Kemendag yang bertujuan untuk mendorong percepatan aksesi Timor Leste ke ASEAN.

Sebanyak 10 peserta program tersebut merupakan ASN dari Kementerian Pariwisata, Perdagangan, dan Industri Timor Leste yang didanai Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI).

“Berbagai pengalaman, khususnya praktik bisnis di Kemendag diharapkan dapat diimplementasikan peserta yang akan bertindak sebagai agen perubahan di unitnya masing-masing sekembalinya ke Timor Leste,” ujar Sekretaris Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Ari Satria mewakili Direktur Jenderal PPI Djatmiko Bris Witjaksono.

Direktur Perundingan ASEAN Dina Kurniasari menjelaskan, program magang terdiri atas pelatihan dan lokakarya, penempatan di unit teknis, kunjungan kerja, serta presentasi akhir.

Nantinya peserta magang akan ditempatkan dalam tiga unit Eselon I yaitu, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, dan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, dan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Adapun materi pelatihan dan lokakarya meliputi pengetahuan mengenai ASEAN, ketentuan asal barang dan kebijakan ekspor impor, upaya peningkatan ekspor, penguasaan teknik negosiasi perdagangan, simulasi perundingan, serta berbagi komitmen ASEAN di pilar ekonomi.

"Diharapkan program ini juga dapat mendorong percepatan terbentuknya jejaring dengan ASN dari Timor Leste, serta peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Timor Leste," pungkas Dina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA