Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beijing Desak AS Hentikan Provokasi di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Juni 2023, 08:58 WIB
Beijing Desak AS Hentikan Provokasi di Laut China Selatan
Kepulauan Xisha China, Laut China Selatan/Net
rmol news logo Tudingan Amerika Serikat bahwa China telah melakukan manuver agresif yang tidak perlu di dekat pesawat militer AS di atas Laut China Selatan mendapat tanggapan dari Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataannya pada Rabu (31/5), Juru Bicara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Zhang Nandong, mengatakan tindakan China sesuai dengan hukum dan peraturan karena pesawat pengintai RC-135 AS dengan sengaja masuk ke area pelatihan militer China di Laut China Selatan pada 26 Mei 2023.

"Kami dengan tegas mendesak pihak AS untuk secara efektif menahan tindakan pasukan garis depan di laut dan di udara, serta mematuhi hukum dan perjanjian internasional yang relevan untuk mencegah kecelakaan udara dan laut; jika tidak, semua konsekuensi yang timbul darinya akan ditanggung oleh AS," kata Zhang, seperti dikutip dari Xinhua.

Ia menekankan, tentara China selalu waspada dan akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasional China, serta perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Sebelumnya di hari yang sama, Kementerian Luar Negeri China menyebut tindakan provokatif dan berbahaya AS adalah akar penyebab masalah keamanan maritim, karena Washington sering mengirim pesawat dan kapal untuk melakukan pengintaian jarak dekat di China.

"AS perlu segera menghentikan tindakan provokasi berbahaya seperti itu. Kami akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan dan keamanan kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning dalam konferensi pers harian. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA