Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS akan Kirim Misi Diplomatik ke Kota Tromso, Arktik Norwegia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 02 Juni 2023, 11:06 WIB
AS akan Kirim Misi Diplomatik ke Kota Tromso, Arktik Norwegia
Menteri Luar Negeri AS., Antony Blinken berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan para menteri luar negeri NATO di Oslo, Norwegia pada Kamis, 1 Juni 2023/Net
rmol news logo Dalam upaya memperluas kerja sama dengan negara Arktik, Amerika Serikat berencana membangun pos diplomatik dan akan mengirim perwakilannya di kota Tromso, Arktik Norwegia.

Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken setelah melakukan pertemuan dua hari para Menteri Luar Negeri NATO di Oslo pada Kamis (1/6).

"Untuk memperdalam keterlibatan kita sendiri di dataran tinggi utara, saya mengumumkan hari ini Amerika Serikat akan membuka pos diplomatik kami di Tromso," kata Blinken, seperti dimuat Reuters.

Menurut Blinken, kawasan Arktik menjadi penting setelah lapisan es menipis dan jalur laut baru terbuka, sehingga peluang untuk mencari sumber daya alam yang bermanfaat semakin besar.

“Bagi kami, keberadaan misi diplomatik di Tromso benar-benar merupakan salah satu upaya diplomasi di atas Lingkar Arktik,” jelasnya.

Menurut Kedutaan AS di Oslo, pembuatan pos diplomatik di Tromso akan mulai dibuka akhir tahun ini.

Rencana pengiriman misi diplomatik tersebut diumumkan hanya tiga minggu setelah Norwegia resmi menggantikan Rusia sebagai pemimpin di Dewan Arktik.

Dewan Arktik merupakan sebuah forum yang dibuat pada tahun 1996 untuk membahas masalah yang mempengaruhi wilayah kutub.  

Forum ini terdiri dari delapan negara Arktik Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Finlandia, Norwegia, Islandia, Swedia dan Denmark. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA