Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prihatin Hubungan AS-China Makin Buruk, Biden Diam-diam Mengutus Direktur CIA William Burns ke Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Juni 2023, 09:50 WIB
Prihatin Hubungan AS-China Makin Buruk, Biden Diam-diam Mengutus Direktur CIA William Burns ke Beijing
Presiden AS, Joe Biden/Net
rmol news logo Sementara hubungan Beijing dan Washington semakin tegang dalam beberapa waktu terakhir, beredar kabar bahwa Presiden AS Joe Biden diam-diam mengutus Direktur CIA William Burns ke Beijing bulan lalu untuk bertemu dengan pejabat intelijen China.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mengutip sumber anonim Amerika, Financial Times melaporkan Jumat (2/6) bahwa kunjungan tersebut menunjukkan betapa prihatinnya Gedung Putih tentang memburuknya hubungan antara Beijing dan Washington.

Baik Gedung Putih maupun CIA tidak secara resmi mengkonfirmasi kunjungan tersebut, namun FT mengatakan mereka punya lima sumber yang mengetahui situasi itu.

"Burns bertemu dengan rekan-rekan China dan menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka di saluran intelijen," kata salah satu sumber yang diidentifikasi hanya sebagai pejabat AS.

Tidak jelas apakah Burns melakukan perjalanan ke Beijing sebelum atau sesudah pertemuan 10 Mei, di mana saat  itu Penasihat Keamanan Nasional Biden Jake Sullivan bertemu dengan diplomat tertinggi China, Wang Yi, di Wina.

Namun, FT menetapkan bahwa direktur CIA mengunjungi China sebelum KTT G7 yang digelar pada 19 Mei di Hiroshima. Dalam pertemuan KTT G7 itu Biden membuat komentar samar tentang mengharapkan "pencairan" segera dalam hubungan China-AS.

Sampai minggu lalu, tidak ada tanda-tanda seperti itu, setidaknya di bidang militer. Ditandai dengan pernyataan Pentagon pada 25 Mei bahwa China tidak menanggapi tawaran militer AS untuk pertemuan antara Menteri Pertahanan China Li Shangfu dengan timpalannya dari AS Lloyd Austin pada konferensi Dialog Shangri-La di Singapura akhir pekan lalu.

Penolakan Beijing diduga terkait sanksi yang diberikan kepada Li yang belum dicabut sejak 2018 atas keterlibatannya dalam membeli sistem persenjataan dari Rusia.

Burns adalah mantan diplomat yang menghabiskan tiga tahun sebagai duta besar AS untuk Rusia (2005-2008) dan wakil menteri luar negeri sebelum pensiun pada 2014.

Biden mengangkatnya sebagai direktur CIA pada 2021. Dia memiliki sejarah misi rahasia atas nama Biden, pergi ke Moskow pada November 2021 dan Kyiv pada Januari 2022, tepat sebelum konflik Ukraina meningkat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA