Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dilantik Lagi jadi Presiden, Erdogan: Abad Turkiye Telah Dimulai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Juni 2023, 12:55 WIB
Dilantik Lagi jadi Presiden, Erdogan: Abad Turkiye Telah Dimulai
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Recep Tayyip Erdogan secara resmi telah dilantik sebagai Presiden Turkiye di kompleks kepresidenan pada Sabtu sore (3/6) waktu setempat. Dalam pidatonya, Erdogan berjanji untuk membangkitkan Turkiye.

"Turkiye memasuki jalur baru setelah pemungutan suara berakhir dan hasilnya diumumkan. Abad Turkiye telah dimulai, dan pintu pertumbuhan negara kita telah dibuka," kata Erdogan, seperti dimuat Anadolu Agency.

Upacara pelantikan Erdogan dihadiri oleh para pejabat tinggi dari 81 negara. Ia dilantik setelah memenangkan pemungutan suara pada 28 Mei untuk putaran kedua, setelah tidak ada kandidat yang mendapatkan lebih dari 50 persen suara yang dibutuhkan untuk kemenangan langsung di putaran pertama pada 14 Mei.

Erdogan memenangkan pemilihan dengan 52,18 persen suara, sementara kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu mendapat 47,82 persen.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Erdogan dan sekutunya juga memenangkan mayoritas di parlemen.

“Saya berharap misi mulia ini akan menguntungkan bangsa saya, yang telah saya dedikasikan hidup saya, untuk semua bagian dari tanah air kita, dan untuk kemanusiaan. Saya berharap kita tidak akan mengecewakan bangsa kita tercinta yang mempercayai saya, partai kita, dan kita. aliansi," kata Erdogan.

Setelah dilantik, Erdogan mengumumkan anggota kabinetnya pada Sabtu malam. Kemudian akan menggelar rapat kabinet pertama pada awal pekan depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA