Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Ukraina, Militan Polandia Serang Rusia di Belgorod

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Juni 2023, 07:16 WIB
Bantu Ukraina, Militan Polandia  Serang Rusia di Belgorod
Korps Relawan Polandia/Net
rmol news logo Korps Sukarelawan Polandia (PVC) mengaku terlibat dalam serangan di Wilayah Belgorod Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

RT
melaporkan, pengumuman yang disertai dengan dugaan bukti foto dan video itu dibagikan di akun media sosial militan Polandia yang berjuang untuk Ukraina pada Minggu (4/6) waktu setempat. Pernyataan itu tampaknya merujuk pada serangan sabotase ke Distrik Grayvoron di Wilayah Belgorod, yang terjadi pada 22 Mei 2023.

PVC dalam pernyataannya menegaskan dan mengkonfirmasi perannya dalam operasi tersebut, menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Korps Sukarelawan Rusia, unit neo-Nazi warga negara Rusia yang berperang atas nama Ukraina di bawah otoritas Kementerian Pertahanan Ukraina.

Dalam upaya untuk membuktikan perannya dalam serangan 22 Mei, para pejuang dari Korps Sukarelawan Polandia berbagi video, di mana mereka dapat dilihat dengan tank T-72B Ukraina, kendaraan lapis baja HMMWV Amerika, dan helikopter Mi-8 dari Angkatan Bersenjata Ukraina.

Gubernur Wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov, juga menyebutkan keberadaan warga Polandia di antara para penyabot.

Di saluran Telegramnya, Gladkov menceritakan kisah seorang wanita, yang suaminya – seorang anggota pasukan bela diri setempat – terbunuh di depannya. Menurutnya, wanita itu ditawan oleh dua orang Ukraina, dan dia menyatakan bahwa anggota kelompok lainnya adalah orang Polandia dan Amerika.

Sebelumnya, Direktorat Utama Intelijen (GUR) dari Kementerian Pertahanan Ukraina membahas keterlibatan "Korps Relawan Rusia" dan anggota legiun "Kebebasan Rusia" dalam operasi Wilayah Belgorod.

Namun, "Korps Relawan Rusia" mengeluarkan pernyataan pada Minggu yang menyangkal bahwa anggota "Korps Relawan Polandia" telah melintasi perbatasan Rusia.

Kelompok tersebut mengklaim di media sosial bahwa sesama kombatan Polandia mereka terlibat dalam tugas-tugas seperti pengawalan tahanan, bersama dengan logistik militer dan medis, tetapi hanya di dalam perbatasan Ukraina.

Warsawa bersikeras pihaknya tidak ada hubungan dengan militan Polandia yang berjuang untuk Kyiv.

“Kegiatan sukarelawan Polandia yang mendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia tidak boleh diidentikkan dengan pihak berwenang Republik Polandia”, kata Stanislaw Zaryn, juru bicara menteri koordinator dinas khusus negara itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA