Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Tangani Covid-19 dan Aksi Teror, Jacinda Ardern Terima Penghargaan Tertinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 Juni 2023, 08:11 WIB
Sukses Tangani Covid-19 dan Aksi Teror, Jacinda Ardern Terima Penghargaan Tertinggi
Mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menerima salah satu penghargaan tertinggi, yaitu dinobatkan sebagai "Dame Grand Companion". Gelar ini merupakan penghargaan tertinggi kedua di Selandia Baru.

Penobatan Ardern dilakukan selama ulang tahun Raja Charles pada Senin (5/6). Penerima penghargaan biasanya dipilih di Selandia Baru oleh perdana menteri, untuk kemudian disetujui oleh raja Inggris sebagai kepala negara.

Perdana Menteri Chris Hipkins mengatakan Ardern diakui atas pengabdiannya selama beberapa tantangan terbesar yang dihadapi Selandia Baru di zaman modern.

Ardern diberikan penghargaan atas keberhasilan memimpin negeri melalui krisis Covid-19, serangan teror di dua masjid Christchurch, dan letusan gunung berapi White Island.

"Memimpin tanggapan Selandia Baru terhadap serangan teroris 2019 dan pandemi Covid-19 mewakili periode tantangan berat bagi Perdana Menteri ke-40 kami, di mana saya melihat secara langsung bahwa komitmennya terhadap Selandia Baru tetap mutlak," kata Hipkins, seperti dimuat Reuters.

Ardern dilantik sebagai PM Selandia Baru pada 2017, kemudian mengundurkan diri pada Januari tahun ini karena mengaku sudah tidak mampu lagi memimpin negara.

"Bagi saya, ini cara untuk mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya, kepada rekan-rekan saya, dan kepada orang-orang yang mendukung saya untuk mengambil peran yang paling menantang dan bermanfaat dalam hidup saya," kata Ardern ketika mendapat penghargaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA