Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diplomat Tinggi Seluruh Dunia Sambut Pengangkatan Hakan Fidan sebagai Menlu Turkiye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Juni 2023, 08:11 WIB
Diplomat Tinggi Seluruh Dunia Sambut Pengangkatan Hakan Fidan sebagai Menlu Turkiye
Hakan Fidan, Menteri Luar Negeri pilihan Erdogan dalam kabinet baru/Net
rmol news logo Penunjukkan Hakan Fidan sebagai menteri luar negeri Turkiye dalam kabinet terbaru Presiden Recep Tayyip Erdogan disambut baik oleh para menteri luar negeri di seluruh dunia.

Mereka yang memberi selamat termasuk Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang mengatakan di Twitter bahwa dia berharap untuk terus bekerja dengan Departemen Luar Negeri Turki.

"Selamat kepada Hakan Fidan, Menteri Luar Negeri Turkiye yang baru. Menantikan untuk terus bekerja sama sebagai sekutu dan mitra NATO yang berharga," tulis Blinken di Twitter, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (5/6).

Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov juga menyampaikan ucapan selamat kepada Fidan dan mendoakannya sukses besar dalam posisi barunya. Bayramov menyatakan keyakinannya bahwa ikatan persaudaraan dan aliansi antara Azerbaijan dan Turkiye akan semakin diperkuat.

Dalam percakapan telepon selanjutnya, Bayramov dan Fidan bertukar pandangan tentang berbagai aspek hubungan bilateral dan masalah regional, dan Bayramov mengundang Fidan untuk mengunjungi Azerbaijan, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Azerbaijan.

Bergabung dalam ucapan selamat, Margus Tsahkna dari Estonia menekankan aliansi antara negaranya dan Turkiye.

"Turkiye adalah sekutu kami, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda," tulis Tsahkna di Twitter.

Ucapan juga datag dari Ukraina. Kepala Kantor Kepresidenan Andriy Yermak dan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba menyambut diangkatnya Fidan sebagai menteri.

Yermak mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Fidan atas komitmennya untuk membangun perdamaian abadi di wilayah tersebut. Yermak menekankan persahabatan dekat mereka dan ikatan kuat Ukraina dengan Turkiye.

“Menantikan untuk bekerja sama dan mengembangkan lebih lanjut kemitraan strategis antara dua negara sahabat kita,” tulis Kuleba di Twitter.

Demikian pula, Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom mengucapkan selamat kepada Fidan dan menyatakan harapannya akan kerja sama yang baik antar negara mereka.

Bruno Rodriguez dari Kuba juga termasuk di antara rekan Fidan yang mengirimkan ucapan selamat.

“Saya mengucapkan selamat dan berharap sukses dalam tugas barunya kepada Hakan Fidan, pada kesempatan pengangkatannya sebagai Menteri Luar Negeri Turkiye. Saya menegaskan kembali kesediaan untuk terus memperkuat ikatan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara,” tulisnya di Twitter.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Fidan.

"Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada saudara laki-laki saya Hakan Fidan atas pengangkatannya sebagai menteri luar negeri Turki. Kami mengadakan banyak pertemuan dekat. Dia adalah seorang diplomat yang profesional dan bijaksana," tulisnya di Twitter.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar juga mengucapkan selamat kepada Fidan atas pengangkatannya.

Fidan, 55 tahun, adalah Kepala Badan Intelijen Nasional Turki (MIT) sejak 2010. Fidan dikenal sebagai tangan kanan dan pemegang rahasia Erdogan.

Lulusan Sekolah Sinyal Angkatan Darat dan Sekolah Bahasa Angkatan Darat ini memegang posisi kritis dalam kebijakan luar negeri dan keamanan di institusi negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA