Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tambang Emas Runtuh, Belasan Penambang Venezuela Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 Juni 2023, 12:09 WIB
Tambang Emas Runtuh, Belasan Penambang Venezuela Tewas
Tima penyelamat bekerja untuk mengevakuasi korban di tambang emas Talavera yang runtuh, di El Callao, Bolivar, Venezuela, pada Sabtu, 3 Juni 2023/Net
rmol news logo Tambang emas Talavera, yang terletak di El Callao, negara bagian Bolivar Venezuela, runtuh akibat banjir yang menerjang kawasan itu sejak pertengahan minggu lalu.

Sekretaris Keamanan Warga Bolivar, Edgar Colina, pada Senin (5/6) mengungkap bahwa insiden memilukan yang terjadi pada Sabtu (3/6) itu telah menewaskan sedikitnya 12 penambang.

"Jenazah para korban telah dikembalikan ke keluarga mereka," ujarnya dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat South China Morning Post.

Menurut Colina, pihak berwenang kembali ke lokasi pada Minggu (4/6), untuk memeriksa korban yang masih bisa diselamatkan.

"Hingga upaya pencarian terakhir, 112 warga lainnya selamat dari runtuhan tambang," ungkapnya.

Tambang emas Talavera berbentuk seperti terowongan telah dibangun secara sederhana oleh penambang lokal Bolivar.

Sebenarnya kelompok advokasi dan organisasi lain telah mengeluarkan peringatan tentang risiko bahaya yang ada di wilayah tambang Talavera.

Sementara PBB, tahun lalu sempat melaporkan adanya pelanggaran hak asasi manusia terjadi di wilayah pertambangan Venezuela. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA