Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingin Fokus Nyapres, Menlu Meksiko akan Mundur dari Jabatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 07 Juni 2023, 18:22 WIB
Ingin Fokus Nyapres, Menlu Meksiko akan Mundur dari Jabatan
Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard/Net
rmol news logo Pada pekan depan, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard akan mengundurkan diri dari jabatannya. Ia memilih fokus pada upaya pencalonan dirinya sebagai calon presiden 2024.

Hal tersebut diumumkan Ebrard pada Selasa (6/6), dalam konferensi pers di Hilton Hotel di Kota Meksiko.

"Dengan ini saya umumkan bahwa saya telah memutuskan untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Luar Negeri mulai Senin, 12 Juni minggu depan," kata Ebrard dalam pernyataannya.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan akan mendedikasikan dirinya dengan sukacita dan tekad untuk mempertahankan proyek yang dipimpin oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Seperti dikutip Reuters, Rabu (7/6), Ebrard menjadi pejabat tinggi pertama dari partai berkuasa Gerakan Regenerasi Nasional (Morena), yang mengundurkan diri dari jabatan publik untuk mengejar ambisi menjadi presiden.

Namun, dia bukan satu-satunya sekutu dekat Obrador yang mengungkapkan minatnya untuk menjadi presiden.

Walikota Kota Meksiko Claudia Sheinbaum dan Menteri Dalam Negeri Adan Augusto Lopez Hernandez, yang merupakan kerabat lama Obrador, juga telah menyatakan harapan mereka untuk bisa dipertimbangkan sebagai calon presiden.

Sejauh ini, belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi menteri luar negeri di negara itu. Akan tetapi Duta Besar Meksiko untuk PBB Juan Ramon de la Fuente dan Duta Besar untuk AS Esteban Moctezuma dipandang oleh banyak analis sebagai calon favorit untuk menggantikan posisi Ebrard. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA