Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky: Tinggal Selangkah Lagi, F-16 akan Segera Tiba di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 06:36 WIB
Zelensky: Tinggal Selangkah Lagi, F-16 akan Segera Tiba di Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Pesawat tempur F-16 buatan Amerika Serikat yang paling canggih diklaim akan segera menjadi bagian dalam perang Ukraina.

Hal itu diungkap oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari US News pada Rabu (7/6).

Zelensky mengatakan sinyal positif telah ia dapatkan dari Barat untuk pengiriman F-16. Sehingga Ukraina hanya tinggal menunggu kesepakatan akhir yang akan dicapai oleh seluruh sekutu mereka.

"Mitra kami tahu berapa banyak pesawat yang kami butuhkan. Beberapa mitra Eropa telah memberikan tawaran yang serius dan kuat tentang F-16," kata Zelensky tanpa menyebutkan negara mana yang bersedia memberikan jet tempur tersebut.

Zelensky telah lama meminta pengiriman jet F-16, menurutnya peralatan canggih itu akan membuat pertempuran dengan Rusia lebih cepat selesai.

Bulan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada para pemimpin G7 bahwa Washington mendukung program pelatihan sekutu bersama untuk pilot Ukraina di F-16.

Namun, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengaku belum ada keputusan akhir tentang pengiriman F-16 ke medan perang Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA