Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Klaim Ukraina Meledakkan Bendungan Kakhovka atas Saran Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 07:33 WIB
Putin Klaim Ukraina Meledakkan Bendungan Kakhovka atas Saran Barat
Ribuan rumah di wilayah Kherson terendam banjir setelah bandungan Kakhovka jebol akibat serangan/Net
rmol news logo Hanya berselang beberapa jam sejak Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeluarkan kecaman atas serangan Rusia yang membuat bendungan Kakhovka jebol, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa ia yakin Ukraina yang harus bertanggung jawab.

Putin menuduh Ukraina menghancurkan bendungan Kakhovka atas saran Barat. Ia mengatakan itu adalah kejahatan perang paling "biadab".

Kremlin dalam pernyataannya yang mengutip kata-kata Putin, mengatakan bahwa Rusia menolak tudingan Ukraina dan menuduh Ukraina yang berada di balik bencana itu.

“Presiden Vladimir Putin menyatakan bahwa otoritas Kyiv, atas saran kurator barat mereka, masih membuat taruhan berbahaya pada eskalasi permusuhan, melakukan kejahatan perang, secara terbuka menggunakan metode teroris," ujar Kremlin, seperti dikutip dari The Guardian.

“Contoh yang jelas dari ini adalah tindakan biadab untuk menghancurkan (bendungan Kakhovka) dan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka di wilayah Kherson yang menyebabkan bencana lingkungan dan kemanusiaan berskala besar,” lanjutnya.

Bendungan Kakhovka era Soviet yang bersejarah dan menjadi fasilitas penting, jebol pada dini hari Selasa, menyebabkan air banjir melintasi medan pertempuran di Ukraina selatan.

Ukraina menyalahkan Rusia karena meledakkannya, sementara Rusia mengatakan bahwa Ukraina menyabotase bendungan itu untuk menyempitkan pasokan air ke Krimea. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA