Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aparat Burkina Faso Baku Tembak dengan Teroris VDP di Perbatasan, Puluhan Orang Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 13:56 WIB
Aparat Burkina Faso Baku Tembak dengan Teroris VDP di Perbatasan, Puluhan Orang Meninggal
Ilustrasi/Net
rmol news logo Aksi saling tembak dengan aparat keamanan Burkina Faso terjadi setelah komplotan teroris VDP melancarkan serangan secara tiba-tiba di pos perbatasan polisi Yendere.

Menurut sumber keamanan Burkina Faso, total korban jiwa dalam insiden tersebut mencapai 21 orang.

“Sekitar 14 anggota pemberontak VDP, empat tentara, satu polisi dan dua warga sipil tewas dalam serangan di perbatasan dekat Pantai Gading,” bunyi laporan tersebut, seperti dimuat The Defense Post pada Rabu (7/6).

Sumber keamanan lain mengonfirmasi jumlah korban dan menambahkan bahwa pihak keamanan Burkina berhasil melumpuhkan 50 teroris.

Karena insiden tersebut, penduduk setempat menjadi takut dan dilaporkan telah melarikan diri ke Pantai Gading.

Salah satu negara termiskin dan paling bermasalah di dunia, Burkina sedang berjuang melawan pemberontakan jihadis yang berasal dari tetangga Mali sejak 2015.

Hampir sepertiga wilayah negara dikuasai oleh kelompok pemberontak jihadis dan tidak dapat dikendalikan sama sekali oleh pemerintah.

VDP yang didirikan pada Desember 2019 telah memakan ratusan korban jiwa, terutama dalam penyergapan atau pengeboman di pinggir jalan.

Menurut PBB, lebih dari 10.000 ribu warga sipil, tentara dan polisi Burkina tewas akibat serangan teroris, sementara dua juta penduduk yang masih hidup memilih untuk mengungsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA