Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Filipina Waspada, Gunung Berapi Mayon Mulai Siaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 21:08 WIB
Warga Filipina Waspada, Gunung Berapi Mayon Mulai Siaga
Gunung berapi Mayon memuntahkan asap putih di Kota Legaspi, Provinsi Albay, Filipina pada Rabu, 7 Juni 2023/Net
rmol news logo Aktivitas gunung berapi Mayon di Filipina yang cukup meresahkan dalam beberapa hari terakhir, mendorong warga sekitar bersiap untuk mengungsi.

Tingkat siaga telah dinaikkan pada Kamis (8/6), setelah gunung berapi paling aktif di Filipina mengeluarkan gas vulkanik yang membuat puing-puing dan bebatuan lava mengalir menuruni lereng.

“Gunung Mayon yang menarik wisatawan karena bentuk kerucutnya yang hampir sempurna, kini berada pada siaga tiga (dalam skala lima),” ungkap Badan Vulkanologi Filipina dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Al Jazeera.

Badan itu juga memperkirakan adanya potensi ledakan dan aliran lava yang lebih besar dalam beberapa minggu atau bahkan beberapa hari mendatang.

Oleh sebab itu, penduduk desa yang tinggal dalam radius 6 km dari kawah gunung berapi diminta untuk meninggalkan zona bahaya dan pindah ke tempat lebih aman karena dikhawatirkan akan terkena vulkanik, aliran lahar, batu serta bahaya lainnya.

Seorang pejabat keamanan publik provinsi Albay tengah, Cedric Daep mengatakan bahwa penduduk desa sedang bersiap untuk mengungsi dari zona bahaya.

Mayon adalah salah satu dari puluhan gunung berapi aktif yang paling bergolak di Filipina. Terakhir meletus hebat pada 2018 dan mengakibatkan puluhan ribu penduduk desa mengungsi.

Selain Mayon, pengamat Filipina juga tengah memantau gunung berapi Taal di Selatan Manila dan Gunung Kanlaon, di pulau Negros tengah, karena menunjukkan tanda-tanda serupa.

Filipina terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, wilayah yang rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Gunung berapi yang sudah lama tidak aktif, Gunung Pinatubo di utara Manila meledak pada tahun 1991 dalam salah satu letusan gunung berapi terbesar abad ke-20 dan menewaskan ratusan orang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA