Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persiapan Hadapi Serangan Balik Ukraina, Putin Tetapkan Tanggal Pengerahan Senjata Nuklir di Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 06:41 WIB
Persiapan Hadapi Serangan Balik Ukraina, Putin Tetapkan Tanggal Pengerahan Senjata Nuklir di Belarusia
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Di tengah semakin kuatnya isu serangan balik Ukraina, Rusia telah menetapkan tanggal pasti pengerahan senjata nuklir taktis di Belarusia.

Bertemu rekannya Aleksander Lukashenko di Sochi pada Jumat (9/6), Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan mulai mengerahkan senjata nuklir di Belarus ketika fasilitas yang diperlukan di sana sudah siap pada sekitar tanggal 7 atau 8 Juli.

Ini adalah pertama kalinya Putin menetapkan jangka waktu tertentu untuk rencananya, yang diumumkan pada bulan Maret, untuk menyebarkan "senjata nuklir taktis" ke negara di utara Ukraina itu.

“Jadi, semuanya sesuai rencana, semuanya stabil,” kata Putin, seperti dikutip dari The National.

Pengumuman itu datang saat serangan balik Ukraina telah dimulai.

Putin dan Lukashenko sebelumnya telah menyetujui rencana untuk menempatkan rudal nuklir jarak pendek berbasis darat di wilayah Belarusia, yang berbagi perbatasan darat hampir 700 mil dengan Ukraina, di mana mereka akan tetap berada di bawah komando Rusia.

Putin mengumumkan rencana penyebaran senjata nuklir pada bulan Maret, pertama kali sejak pertengahan 1990-an Moskow akan menempatkan senjata semacam itu di luar negeri.

Jika Putin mewujudkan rencananya, itu akan menjadi pengerahan pertama senjata nuklir taktis Rusia di luar wilayah Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet pada 1991, menurut kantor berita Reuters. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA