Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Terima Hubungannya dengan AS Dikomentari, Korsel Panggil Dubes China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 07:50 WIB
Tak Terima Hubungannya dengan AS Dikomentari, Korsel Panggil Dubes China
Duta Besar China untuk Korea Selatan Xing Haiming/Net
rmol news logo Komentar terbaru Duta Besar China Xing Haiming soal hubungan Seoul dan Washington mendapat tanggapan keras dari Korea Selatan.

Pada Jumat (9/6), Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memanggil Xing untuk mengajukan keluhan atas pernyataannya yang dianggap kontroversial.

"Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Chang Ho-jin memanggil Duta Besar China Xing Haiming pada hari sebelumnya, dan memperingatkan dengan tegas pernyataan utusan itu yang tidak masuk akal dan provokatif," kata kementerian, seperti dilaporkan Yonhap.

Langkah tersebut dilakukan sehari setelah Xing menyatakan ketidakpuasannya dengan diplomasi Korea Selatan dan AS dan bahwa Seoul lebih memilih mengorbankan hubungan dengan Beijing demi aliansi Barat.

Xing dalam pernyataannya itu juga meminta Korea Selatan agar selalu mendukung prinsip satu-China.

"Hubungan China-Korea Selatan menghadapi banyak kesulitan. Terus terang, kesalahannya bukan terletak pada China," kata Xing.

"Kami berharap pihak Korea Selatan akan dengan setia menepati janjinya dan dengan jelas menghormati perhatian inti China, seperti masalah Taiwan," imbuhnya.

Chang memperingatkan pernyataan itu berpotensi melanggar Konvensi Wina, yang mengatur misi mempromosikan hubungan persahabatan utusan diplomatik, dan itu bisa dilihat sebagai campur tangan politik dalam negeri Korea Selatan.

Menteri Luar Negeri Park Jin juga mengkritik keras pernyataan Xing, dengan mengatakan duta besar itu melangkah terlalu jauh.

"Ada norma-norma diplomatik, dan peran seorang duta besar adalah untuk meningkatkan persahabatan, bukan untuk menyebarkan kesalahpahaman," kata Park kepada wartawan setelah berbicara di sebuah forum di Seoul. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA