Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Militer Somalia dan AS Bombardir Markas Teroris, Tujuh Petinggi Al-Shabaab Tewas

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 20 Juli 2023, 13:56 WIB
Militer Somalia dan AS Bombardir Markas Teroris, Tujuh Petinggi Al-Shabaab Tewas
Ilustrasi perang Somalia/Net
Operasi gabungan melibatkan Militer Somalia dan pasukan Angkatan Darat AS diklaim berhasil menumpaskan hampir 100 teroris al-Shabaab, termasuk tujuh petingginya pada Rabu (19/7).

Operasi gabungan militer udara dan darat tersebut berlangsung di sekitar Desa Gal-Libah dan El Quraq, wilayah perbatasan antara Provinsi Galgaduud dan Shabelle Tengah.

Mengutip Anadolu Agency, kelompok teroris Al-Shabaab yang disebut juga Khawarij telah lama menjadi ancaman bagi stabilitas dan keamanan di negara itu.

Atas keberhasilan operasi tersebut, pemerintah Somalia menyampaikan apresiasi kepada tentara AS sudah membantu memberantas ancaman teroris yang meresahkan.

“Ini menandai langkah maju yang signifikan dalam perjuangan melawan pemberontakan. Tujuh pemimpin tingkat atas berhasil dinetralkan,” kata Kementerian Pertahanan Somalia, Kamis (20/7).

Kementerian Pertahanan Somalia berkomitmen membawa perdamaian serta stabilitas di negaranya yang telah dihadapkan dengan ancaman selama bertahun-tahun itu.

Adapun operasi gabungan ini dilakukan setelah Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud melakukan kunjungan ke ibu kota administratif negara bagian selatan-tengah Hirshabelle, yang menjadi markas pusat kegiatan kelompok teroris al-Shabaab.

Presiden Mohamud sebelumnya menegaskan akan perang habis-habisan melawan Al-Shabaab, yang telah menguasai sebagian besar wilayah tengah, termasuk kota pesisir Harardhere.

Perang melawan Al-Shabaab dan kelompok teror lainnya, seperti Daesh/ISIS, telah menjadi perhatian serius bagi pemerintah Somalia dan komunitas internasional.

Sejak 2007, Al-Shabaab telah berusaha menggulingkan pemerintah Somalia dan melawan Misi Transisi Uni Afrika di Somalia (AMISOM), yakni misi multidimensi yang disahkan Uni Afrika dan diamanatkan oleh Dewan Keamanan PBB untuk menjaga keamanan.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA