Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Pakistan Tuduh India Tembak Mati Warga Sipil di Perbatasan Himalaya

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 Agustus 2023, 21:53 WIB
Pakistan Tuduh India Tembak Mati Warga Sipil di Perbatasan Himalaya
Perbatasan India dan Pakistan/Net
Pakistan melaporkan seorang warga sipilnya telah ditembak mati oleh pasukan India di perbatasan wilayah Himalaya yang disengketakan. Ini menjadi insiden kekerasan kedua sejak Juni terlepas adanya kesepakatan gencatan senjata.

Inspektur Polisi di wilayah Kotli Kashmir, Riaz Mughal pada Senin (21/8) mengatakan seorang pria berusia 62 tahun terkena tembakan dari pasukan India tanpa alasan ketika dia sedang memotong rumput di dekat Garis Kontrol (LoC), perbatasan de facto antara kedua negara.

Sejauh ini, dimuat Reuters, pihak militer India belum memberikan komentar.

Kashmir yang indah diklaim secara penuh, tetapi hanya dikendalikan sebagian, oleh India dan Pakistan. LoC telah menyaksikan penembakan lintas batas yang intens selama bertahun-tahun sebelum gencatan senjata pada tahun 2021.

Sebelum insiden pada awal pekan ini, dua orang tewas pada Juni oleh tembakan India, yang merupakan insiden besar pertama sejak 2021. India mengakui insiden tersebut tetapi mengatakan orang-orang mencoba menyelinap melintasi perbatasan.

India mengatakan Pakistan melatih dan mendukung militan Islam yang berjuang untuk kemerdekaan Kashmir. Islamabad membantah tuduhan ini dan mengatakan hanya memberikan dukungan moral dan diplomatik untuk mereka.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA