Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Topan Super Sola Menerjang Hong Kong dan Sebagian Wilayah China, Ribuan Penerbangan Dibatalkan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 September 2023, 15:28 WIB
Topan Super Sola Menerjang Hong Kong dan Sebagian Wilayah China, Ribuan Penerbangan Dibatalkan
Ilustrasi/Net
Sebagian besar aktivitas di Hong Kong dan wilayah lain di China selatan nyaris terhenti pada Jumat (1/9) saat Topan Super Saola mendekat ke wilayah itu.

Topan Super Saola bergerak lebih dekat ke daratan pada hari Jumat, memaksa pihak berwenang untuk meningkatkan peringatan badai dan menutup bisnis, sekolah, dan pasar keuangan, seperti dilaporkan Reuters.

Banyak pekerja harus tinggal di rumah, siswa terpaksa diliburkan hingga minggu depan, dan perdagangan pasar saham Hong Kong ditangguhkan. Ratusan penerbangan di Provinsi Guangdong Tiongkok dan Hong Kong juga dibatalkan atau ditunda.

Saola membawa angin dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam (125 mph) dan bergerak menuju pantai timur Guangdong, provinsi yang mencakup Hong Kong.

Topan ini merupakan salah satu dari lima topan terkuat yang melanda Guangdong sejak tahun 1949, menurut pihak berwenang China ketika mereka mengeluarkan peringatan topan tertinggi pada Kamis.

Pusat Meteorologi Nasional China memperingatkan bahwa Saola dapat mencapai daratan pada Jumat malam atau Sabtu pagi sebagai topan hebat di sepanjang pantai dari Huidong hingga Taishan di Guangdong.

Kondisi cuaca bisa memburuk dengan cepat ketika topan tersebut melanda, kata observatorium Hong Kong, dan menambahkan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan perlunya mengeluarkan sinyal peringatan topan yang lebih tinggi pada hari Jumat nanti.

Maskapai penerbangan utama di Hong Kong Cathay Pacific, mengatakan semua penerbangan masuk dan keluar Hong Kong antara pukul 14.00 (06.00 GMT) pada hari Jumat hingga pukul 10.00 pagi (02.00 GMT) pada hari Sabtu telah dibatalkan.

Penundaan dan pembatalan penerbangan lebih lanjut mungkin diperlukan berdasarkan jalur topan pada Sabtu pagi.

Sementara pihak berwenang Guangdong menangguhkan semua kereta masuk dan keluar provinsi tersebut mulai pukul 20.00 (12.00 GMT) pada Jumat hingga pukul 18.00 (10.00 GMT) pada Sabtu.

Southern Metropolis Daily melaporkan, jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau yang menghubungkan ketiga kota tersebut akan ditutup mulai pukul 15:30 (0730 GMT) pada Jumat untuk memastikan keselamatan transportasi.

Observatorium Cuaca Makau mengatakan akan menaikkan tingkat peringatan angin ke Signal 8 antara pukul 13.00 hingga 15.00 pada hari Jumat. Dikatakan pihaknya memperkirakan akan menaikkannya ke Sinyal 10 tertinggi pada Sabtu pagi.

Sementara itu, Topan Haikui sedang mendekati Taiwan dan diperkirakan akan melanda bagian utara pulau itu pada hari Minggu sebelum menuju ke kota Fuzhou di Tiongkok tenggara, menurut Biro Cuaca Pusat Taiwan.
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA