Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Bareng Menhan Shoigu, Kim Jong Un Perkuat Kerja Sama Militer Korut-Rusia

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 17 September 2023, 13:23 WIB
Bareng Menhan Shoigu, Kim Jong Un Perkuat Kerja Sama Militer Korut-Rusia
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat berjalan bersama Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu ketika mengunjungi Vladivostok, Rusia, pada 16 September 2023/Net
Kim Jong Un Bahas Kerja Sama Militer dengan Menhan Rusia

RMOL. Dalam upaya meningkatkan kerja sama antar kedua negara, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengadakan pertemuan untuk membahas isu-isu praktis dalam meningkatkan kerja sama militer.

Dalam laporan yang dikeluarkan KCNA pada Minggu (17/9), pembicaraan itu dilakukan di tengah hubungan antara Korea Utara dan Rusia memasuki masa kejayaan baru.

"Kunjungan Kim terjadi pada saat masa kejayaan persahabatan, solidaritas, dan kerja sama sedang terbuka dalam sejarah perkembangan hubungan antara Korea Utara dan Rusia," tulis KCNA dalam laporannya.

Selama kunjungannya ke Rusia, Kim melihat pesawat pembom strategis berkekuatan nuklir, rudal hipersonik, dan kapal perang Rusia dengan didampingi dengan Shoigu. Mereka berdiskusi bersama.

"Kim dan Shoigu bertukar pendapat konstruktif mengenai isu-isu praktis yang timbul dalam memperkuat koordinasi strategis dan taktis, kerja sama dan pertukaran timbal balik antara angkatan bersenjata kedua negara dan di bidang pertahanan dan keamanan nasional mereka," tambah KCNA.

Shoigu mencatat bahwa Moskow sedang menjajaki kemungkinan untuk melaksanakan latihan militer bersama dengan Korea Utara.

Menanggapi rencana tersebut, mengutip Asia One, Korea Selatan dan Amerika Serikat telah mengeluarkan pernyataan keprihatinannya dan menyatakan bahwa kerja sama militer antara kedua negara itu dapat melanggar sanksi PBB terhadap Pyongyang dan tindakan semacam itu akan memiliki konsekuensi serius.

Sementara itu, selama kunjungan ini, Kim Jong Un juga menginspeksi Armada Laut Pasifik Rusia, yang dilengkapi dengan kapal selam nuklir strategis dan kapal perang lainnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA