Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

PBB Tahan Dubes Israel Usai Ganggu Pidato Presiden Iran

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 20 September 2023, 12:44 WIB
PBB Tahan Dubes Israel Usai Ganggu Pidato Presiden Iran
Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan ketika memperlihatkan poster Mahsa Amini selama pidato Presiden Iran Ebrahim Raisi selama Sesi ke-78 Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat pada Selasa, 19 September 2023/Net
Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Gilad Erdan dikawal keluar dari lokasi Majelis Umum PBB dan ditahan usai melakukan aksi protes selama Presiden Iran Ebrahim Raisi berpidato.

Insiden tersebut terjadi selama Sesi ke-78 Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (19/9).

Rekaman eksklusif yang didapat Newsmaz memperlihatkan Erdan dikawal keluar oleh seorang petugas polisi dan pejabat lainnya.

Tak lama setelah Raisi mulai berbicara, Erdan bangkit dari tempat duduknya dan memperlihatkan foto Mahsa Amini, yang meninggal dalam tahanan kebijakan Iran setelah penangkapannya karena melanggar aturan berpakaian ketat bagi perempuan di Republik Islam Iran.

“Perempuan Iran berhak mendapatkan kebebasan sekarang!” begitu bunyi keterangan dalam foto tersebut.

Mengutip delagasi Israel, Jewish News Service menyebut Erdan dibebaskan dengan bantuan tim keamanan dan diplomatik Israel.

Erdan kemudian mengeluarkan pernyataan.

“Seharusnya tidak mungkin seorang pembunuh keji yang menyerukan kehancuran Israel mendapat tempat di PBB. PBB, sekali lagi, telah mencapai titik terendah moral baru,” kata Erdan.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA